Rabu, 07 Juli 2010

Tugas 3

Analisis Sistem Informasi Perpustakaan

Deskripsi Permasalahan
Analisis sistem informasi perpustakaan untuk mendukung komputerisasi administrasi operasional perpustakaan umum yang meliputi :
1. Pengelolaan seluruh koleksi perpustakaan
2. Pengelolaan data anggota perpustakaan
3. Pengelolaan transaksi penyewaan dan pengembalian
4. Pengelolaan laporan operasional

Perpustakaan memiliki buku dan barang cetakan lainnya yang disimpan di tempat tertentu. Yang dapat menjadi anggota perpustakaan adalah masyarakat umum yang memenuhi syarat tertentu dan setiap anggota memiliki kartu anggota dengan masa keanggotaan tertentu dan dapat diperpanjang dengan memperbaharui persyaratan. Perpustakaan memiliki beberapa petugas untuk melayani :

1. Penyewaan buku
Termasuk dalam layanan ini adalah peminjaman dan pengembalian buku. Peminjam akan menyerahkan kartu anggota dan identitas buku yag akan dipinjam. Informasi identitas buku yang ada di perpustakaan dapat diperoleh dari katalog atau dari daftar koleksi perpustakaan. Petugas memasukkan data anggota ke sistem dan melakukan validasi keabsahan peminjaman tersebut. Apabila data anggota tidak ada, maka petugas akan memberikan informasi penolakan peminjaman. Data peminjaman buku disimpan di data transaksi peminjaman. Peminjaman buku maksimum 3 buah serta lama peminjaman 7 hari dan dapat diperpanjang. Pada tahap pengembalian buku, peminjam memberikan buku dan kartu anggota kepada petugas dan selanjutnya sistem akan melakukan pemeriksaan atas transaksi serta data anggota sebelumnya dan menghitung denda jika ada.

2. Registrasi anggota
Termasuk layanan ini adalah untuk registrasi anggota baru atau registrasi ulang anggota lama yang telah habis masa keanggotaannya. Pada saat registrasi baru, anggota memasukkan persyaratan keanggotaan ke petugas untuk diproses selanjutnya oleh sistem dan akan mendapatkan kartu anggota jika telah memenuhi persyaratan. Pada saat registrasi ulang, anggota lama memperpanjang masa keanggotaannya dengan membawa persyaratan keanggotaan yang telah diperbaharui. Proses selanjutnya sama dengan registrasi bagi anggota baru.

3. Pendaftaran buku
Setiap buku baru yang diperoleh dari bagian pengadaan akan diproses dan didaftarkan pada sistem, sebagai bukti penerimaan buku akan dibuat tanda terima buku. Berdasarkan data buku baru ini, anggota dapat meminjam buku tersebut dari katalog buku yang disediakan. Pada bagian ini dilakukan pula upaya pemeliharaan terhadap buku-buku yang lama yang telah dimiliki perpustakaan. Kondisi buku dicatat, termasuk jumlah total buku, jumlah buku yang baik dan jumlah buku yang rusak atau hilang.

Langkah pembuatan DFD :
Identifikasikan external entity (kesatuan luar) yang terlibat.
Identifikasi input dan output yang terlibat dengan kesatuan luar
Gambar konteks diagram
Gambar bagan berjenjang (hirarchy chart) untuk semua proses yang ada di sistem terlebih dahulu.
Gambar Overview Diagram
Apabila diperlukan gambar diagram Rinci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar